Minggu, 26 April 2009

Hanya beberapa menit

Apakah dengan mengatakan tidak sempat yang menyebabkan kita tidak melaksanakan shalat dhuha? Bukankah ini hanya sunnah?

Saudaraku....
Setiap kita memiliki kesibukan masing-masing yang antara satu dengan yang lain tidak sama. Ada yang memang benar-benar sibuk sehingga tidak sempat untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk shalat dhuha. Ada juga yang memang belum terdorong dan tergerak untuk melaksanakannya meskipun waktu luang sangat banyak dimilikinya.

Mari kita sempatkan waktu kita di hari ini untuk melaksanakan paling tidak dua rakaat shalat dhuha. Tidak butuh waktu berjam-jam. Hanya beberapa menit, mungkin sekitar 3 menitan. Dan manfaatnya pun sunguh luar biasa.

Abu Dzar r.a. berkata : Nabi saw bersabda : Pada tiap pagi ada kewajiban pada tiap-tiap persendian untuk bersedekah. Dan tiap tasbih itu sedekah, dan tiap tahlil (La ilaha Illallah) itu sedekah, dan tiap tahmid itu sedekah, dan tiap takbir itu sedekah, dan menganjurkan kebaikan itu sedekah, dan mencegah kemungkaran itu sedekah, dan cukup untuk menggantikan semua itu dua raka’at sunnat dhuha.(HR. Muslim)

Tentu bukan hanya shalat dhuha saja yang kita luangkan waktu kita. Banyak hal lain yang bisa kita kerjakan. Jangan sampai, tidak mengerjakan aktivitas dunia juga mengabaikan bekal untuk ke akhirat. Bagaimana rangkaian waktu yang kita miliki benar-benar terisi dengan berbagai aktivitas yang sangat bermanfaat, baik untuk kebahagian di dunia maupun persiapan kebahagian yang abadi di akhirat.

2 komentar:

Monita Wibisono mengatakan...

Alhamdulillah, saya percaya shalat Dhuha bermanfaat bagi kita sejak di bangku kuliah dahulu. Insha Allah, apa yang kita rencanakan tiap hari akan terlaksana, lebih banyak bantuan datang dari mana saja dan tiap aktivitas membuat saya teringat bahwa semua ini hanya untuk Allah, bukan untuk harta/jabatan...

Budhi mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Senang ada situs ini.
Akan lebih baik kalau disertakan juga Shalat Dhuha itu seperti apa.

Saya tidak melihat tata cara, niat, pelaksanaan, dan hal-hal lain seputar shalat Dhuha.

Akan lebih baik di post juga sebagai page yg fix.

Terimakasih.